Sadarlah Wahai Pejalan Puisi Jalaluddin Rumi


Jika engkau seorang pejalan yang sadar, berjalanlah di jalan ini layaknya lelaki; atau berhenti saja: jangan tinggalkan rumahmu, karena engkau belum siap berperang.[1]

Para lelaki sejati meminum seribu lautan, dan masih merasa haus;[2] baru seteguk engkau diberi minum, tapi lagakmu bagaikan telah penuh.

Engkau mendaku telah sampai tujuan, tebaran debu ocehanmu mengangkasa;[3] tapi tak bergerak engkau walau sejengkal, tiada sedikitpun engkau tinggalkan tanda.

Berendah-hatilah layaknya debu, dibawah derap langkah para lelaki sejati; barulah akan bangkit engkau dan jadi bagian perjalanan mereka.

Jika bertahun engkau merangkak, di jalan pencarianmu; jangan menyerah engkau pada kesedihan, jangan tunduk engkau pada guncangan.

Catatan:
[1] Bandingkan misalnya dengan “...keluarlah dari kampung halamanmu ...” (QS [4]: 66).

[2] “Meminum,” diberi “pengalaman spiritual.” Para pencari sejati tak pernah hilang rasa hausnya walaupun mereka menerima banyak sekali pengalaman spiritual. Inikarena tunggalnya tujuan mereka: Allah yang Satu; bukan ciptaan atau kejadian yang beraneka-rupa, baik yang “nyata-jelas" ataupun yang sangat “spiritual”.

[3] Bukanlah pencari sejati jika merasa telah “besar.” Dampak dari besarnya (kesombongan), dengan keras diperingatkan: “... sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit.” (QS [7]: 40)

Sumber:
Jalaluddin Rumi, Divan-i Syamsi Tabriz, Ghazal no 3277
Diterjemahkan oleh Nader Khalili, dalam Rumi: Fountain of Fire, Cal-Earth Press, 1994


Duri Dan Mawar

Angkatlah kapakmu dan berperanglah, bagaikan sayidina 'Ali meruntuhkan gerbang Khaybar; atau satukanlah duri-duri ini dengan sekuntum mawar: bawalah apimu kepada Cahaya Rabb, agar lebur-lenyap apimu dalam Cahaya-Nya, dan semua durimu berubah jadi mawar.

Sumber:
Jalaluddin Rumi, Matsnavi II:1244-1246
Terjemahan ke Bahasa Inggris oleh Nicholson. Juga terdapat pada Jewels of Remembrance oleh Camille dan Kabir Helminski,

Berdasarkan terjemahan dari Bahasa Persia oleh Yahya Monastra.

Untuk Informasi lebih lanjut silahkan hubungi no yg tertera di atas

Posting Komentar

Untuk Informasi lebih lanjut silahkan hubungi no yg tertera di atas

Komentar (0)

Lebih baru Lebih lama